PROGRAM KERJA TIM MANAJEMEN MUTU
A. PENDAHULUAN
Puskesmas sebagai salah satu fasilitas kesehatan tingkat
pertama dalam pelayanan kesehatan, harus dapat memberikan jaminan terhadap
penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna,
adil, merata dan memuaskan masyarakat dengan tidak mengabaikan mutu
pelayanan yang diberikan.
Dalam penyelenggaraannya puskesmas mempunyai beberapa
prinsip penyelenggaraan antara lain pelayanan yang mudah dijangkau dan bermutu.
B. LATAR BELAKANG
Dalam melaksanakan fungsinya sebagai penyelenggara UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya, Puskesmas diharapkan selalu meningkatkan mutu pelayanan
dan keselamatan Pasien. Untuk mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien
serta untuk meningkatkan kinerja puskesmas maka dibuatlah rencana program
kerja untuk peningkatan mutu puskesmas dan keselamatan
Pasien.
C. TUJUAN
a. Tujuan Umum
Meningkatkan
kinerja Puskesmas
b. Tujuan Khusus
Meningkatkan mutu dan keselamatan pasien
D. SASARAN
Seluruh setiap ruangan/unit/layanan/program di Puskesmas Sidoarjo
E. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATANDAN PELAPORAN
Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai
dengan jadwal kegiatan, dengan pelaporan hasil- hasil yang dicapai pada bulan
tersebut
F. PENCATATAN , PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN
· Sensus harian indikator mutu dan pelaporan dilakukan
setiap bulan
· Dilakukan pencatatan dan pelaporan indikator mutu dan
kinerja pelayanan dari tiap unit kerja dan program
· Dilakukan pelaporan hasil analisis penilaian kinerja pelayanan
tiap tiga bulan oleh tim mutu dan kinerja Admen, UKM
dan UKP kepada Penanggung Jawab Manajemen Mutu
· Dilakukan pelaporan hasil analisis penilaian kinerja
pelayanan tiap tiga bulan oleh Tim Manajemen Mutu kepada Kepala Puskesmas
· Dilakukan pelaporan tahunan hasil analisis penilaian mutu
dan kinerja pelayanan oleh Tim Manajemen Mutu kepada Kepala Puskesmas
· Dilakukan
monitoring, pencatatan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan PPI dari tiap unit
layanan dan program setiap bulan
· Dilakukan
pelaporan hasil analisis pelaksanaan PPI tiap tiga bulan oleh penanggung jawab
PPI kepada Kepala Puskesmas
· Dilakukan
pencatatan, pelaporan, penilaian (grading risiko) dan penanganan terhadap
insiden internal (KTD, KPC, KNC) yang terjadi oleh penanggung jawab manajemen Risiko
kepada Kepala Puskesmas
G. SUMBER DANA
-
KEPALA
UPT. PUSKESMAS SIDOARJO
dr. Hinu Sulistijorini, Ririn, MMRS
Pembina
NIP.
No comments:
Post a Comment