Dokter gigi yang tertarik menulis

Friday, 16 August 2019

PROGRAM KERJA TIM MANAJEMEN MUTU / KERANGKA ACUAN KEGIATAN (KAK)

PROGRAM KERJA TIM MANAJEMEN MUTU


   A.    PENDAHULUAN
Puskesmas sebagai salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelayanan kesehatan,      harus dapat memberikan jaminan terhadap penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata dan memuaskan masyarakat dengan tidak mengabaikan mutu pelayanan yang diberikan.
Dalam penyelenggaraannya puskesmas mempunyai beberapa prinsip penyelenggaraan antara lain pelayanan yang mudah dijangkau dan bermutu.

   B.    LATAR BELAKANG
           Dalam melaksanakan fungsinya sebagai penyelenggara UKM dan UKP tingkat pertama diwilayah kerjanya, Puskesmas diharapkan selalu meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan Pasien. Untuk mencegah terjadinya insiden keselamatan pasien serta untuk meningkatkan kinerja puskesmas maka dibuatlah rencana program kerja untuk peningkatan mutu puskesmas dan keselamatan Pasien.


   C.    TUJUAN
             a.     Tujuan Umum
                  Meningkatkan kinerja Puskesmas
            b.    Tujuan Khusus
                  Meningkatkan mutu dan keselamatan pasien

   D.   SASARAN
            Seluruh  setiap ruangan/unit/layanan/program di Puskesmas Sidoarjo


     



E.     EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATANDAN PELAPORAN

    Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan, dengan          pelaporan hasil- hasil yang dicapai pada bulan tersebut


F.    PENCATATAN , PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN

·       Sensus harian indikator mutu dan pelaporan dilakukan setiap bulan
·       Dilakukan pencatatan dan pelaporan indikator mutu dan kinerja pelayanan dari tiap unit kerja dan program
·       Dilakukan pelaporan hasil analisis penilaian kinerja pelayanan tiap tiga bulan oleh tim mutu dan kinerja Admen, UKM dan UKP kepada Penanggung Jawab Manajemen Mutu
·       Dilakukan pelaporan hasil analisis penilaian kinerja pelayanan tiap tiga bulan oleh Tim Manajemen Mutu kepada Kepala Puskesmas
·       Dilakukan pelaporan tahunan hasil analisis penilaian mutu dan kinerja pelayanan oleh Tim Manajemen Mutu kepada Kepala Puskesmas
·       Dilakukan monitoring, pencatatan dan pelaporan pelaksanaan kegiatan PPI dari tiap unit layanan dan program setiap bulan
·       Dilakukan pelaporan hasil analisis pelaksanaan PPI tiap tiga bulan oleh penanggung jawab PPI kepada Kepala Puskesmas
·       Dilakukan pencatatan, pelaporan, penilaian (grading risiko) dan penanganan terhadap insiden internal (KTD, KPC, KNC) yang terjadi oleh penanggung jawab manajemen Risiko kepada Kepala Puskesmas

G.      SUMBER DANA
           -






                                                                         KEPALA UPT. PUSKESMAS SIDOARJO




                                                                               dr. Hinu Sulistijorini, Ririn, MMRS
                                                                                                        Pembina
   NIP. 


















No comments:

Post a Comment

INDIKATOR MUTU PUSKESMAS (INM, IMPP, IMPEL)

  ·          Indikator mutu adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai keberhasilan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kese...