Dokter gigi yang tertarik menulis

Monday 20 May 2019

FAILURE MODE & EFFECT ANALYSIS (FMEA) RUANG KESEHATAN GIGI & MULUT (Contoh FMEA)

I. Gambar Alur Proses (SOP) Yang Akan di Analisis :



II. Identifikasi Failure Modes :

No
Tahapan Kegiatan Pada Alur Proses
Failure Modes
1.
Pra pelayanan :
1.   Pasien datang                                        

2.   Pemanggilan pasien




        1.     Salah identifikasi
        2.     Pasien tidak dengar saat dipanggil
        3.     Salah ruang pemeriksaan
2.
Pelayanan :
3.   Anamnesa, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, tekanan darah, suhu
4.   Pemeriksaan dokter


        4.     Resiko kegagalan anamnesa
        5.     Resiko salah pemeriksaan


3.
Paska peracikan obat :
5.   Penyerahan surat rujukan
6.   Pemberian stempel Puskesmas


       6.     Surat rujukan pasien belum distempel         Puskesmas
       7.     Resep dari dokter belum ditukar obat         di apotek Puskesmas



III. Tujuan Melakukan Analisis FMEA :

1.      Meminimalkan resiko dari pelayanan pemeriksaan di ruang kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas
2.      Mengetahui penyebab terjadinya insiden yang kemungkinan bisa terjadi
3.      Merumuskan kemungkinan – kemungkinan yang bisa menjadi penyebab terjadinya insiden             keselamatan pasien
4.      Merumuskan pemecahan – pemecahan atau solusi dan rencana tindak lanjut terhadap insiden keselamatan pasien yang kemungkinan bisa terjadi (bisa berpotensial menimbulkan cidera).





V. Menetapkan Cut Off Point

Modus kegagalan/ kesalahan
RPN
Kumulatif
Presentase Kumulatif
Keterangan
Salah identitas
256
256
29 %

Salah pemeriksaan
162
418
47,3 %

Kegagalan anamnesa dan pemeriksaan vital sign
144
562
63,6 %

Salah ruang pemeriksaan
125
687
77,7 %
Cut off point
Pasien tidak dengar saat dipanggil
81
768
86,8 %

Rujukan pasien belum di stempel
80
848
96 %

Resep obat belum ditukar di apotek Puskesmas
36
884
100 %


Berdasarkan perhitungan RPN dan perhitungan dalam menentukan cut off point, didapatkan 4 modus kegagalan yang harus ditindak lanjuti dengan solusi yaitu :
1.     Salah identitas
2.     Salah pemeriksaan
3.     Kegagalan anamnesa dan pemeriksaan vital sign
4.     Salah ruang pemeriksaan


VI. PELAKSANAAN

          1.  Dilakukan perbaikan SOP alur pelayanan ruang kesehatan gigi & mulut
          2.   Dilakukan sosialisasi SOP alur pelayanan ruang kesehatan gigi & mulut yang baru
          3.  Pembinaan dan peningkatan kapasitas petugas (Dokter dan perawat)
           4.  Dilakukan kalibrasi alat secara berkala




Pada artikel sebelumnya telah dibahas bagaimana Prosedur Melakukan FMEA

No comments:

Post a Comment

INDIKATOR MUTU PUSKESMAS (INM, IMPP, IMPEL)

  ·          Indikator mutu adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai keberhasilan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kese...