Dokter gigi yang tertarik menulis

Thursday 27 June 2024

PERUMUSAN ATAU PENENTUAN INDIKATOR MUTU PRIORITAS PUSKESMAS (IMPP)

Indikator Mutu Prioritas Puskesmas (IMPP)

Indikator Mutu adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai tingkat capaian target mutu pelayanan.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/165/2023 Tentang Standar Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat. Puskesmas melakukan pengukuran indikator mutu yang terdiri atas:

  1. Indikator Nasional Mutu (INM) Indikator ini merupakan indikator yang wajib diukur dan dilaporkan oleh seluruh Puskesmas.
  2. Indikator Mutu Prioritas Puskesmas (IMPP), Indikator ini dirumuskan berdasarkan prioritas masalah kesehatan di wilayah kerja Puskesmas yang upaya perbaikannya harus didukung oleh KMP, UKM serta UKP, laboratorium, dan kefarmasian.
  3. Indikator Mutu Prioritas Pelayanan (IMPEL) Indikator ini dirumuskan berdasarkan prioritas masalah kesehatan di unit masing-masing pelayanan.

Tulisan kali ini akan dibahas secara khusus mengenai Indikator Mutu Prioritas Puskesmas (IMPP). Seperti telah disebutkan diatas bahwa IMPP disusun/dirumuskan berdasarkan prioritas permasalahan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas, sehingga saat telah ditetapkan menjadi IMPP maka upaya perbaikannya harus didukung oleh KMP, UKM serta UKP, laboratorium dan kefarmasian.


Contoh:

Masalah tingkat Puskesmas yang ditetapkan sesuai dengan permasalahan kesehatan di wilayah kerja adalah tingginya prevalensi ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan triple eliminasi (pemeriksaan sypilis, Hepatitis B, dan HIV) maka dilakukan upaya perbaikan pada kegiatan UKP yang terkait dengan penyediaan pelayanan klinis untuk memberikan pelayanan ANC secara lengkap, dilakukan upaya perbaikan kinerja pelayanan UKM untuk menurunkan prevalensi ibu hamil yang tidak melakukan pemeriksaan triple eliminasi, dan diperlukan dukungan manajemen untuk mengatasi masalah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan triple eliminasi.


Berikut sharing yang dilakukan Puskesmas kami dalam merumuskan IMPP :

1.    Penentuan dasar masalah/melakukan identifikasi permasalahan

Dalam menentukan dasar permasalahan prioritas Puskesmas, bisa menggunakan data yang tersedia di Puskesmas antara lain :

 

·      Penilaian Kinerja Puskesmas (PKP) tahun sebelum, indikator-indikator apa yang belum tercapai

·      Data PIS-PK

·      SMD-MMD

·      Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan

2.    Pemilihan area prioritas menggunakan metode Urgency, Seriousness, Growth  (USG)

3.    Mencari penyebab akar masalah menggunakan fishbone

4.    Menyusun rencana tindak lanjut

5.    Menyusun pengukuran dan pemantauan


Berikut kami sertakan link penyusunan/perumusan IMPP

Mekanisme Penyusunan Indikator Mutu Prioritas Puskesmas (IMPP)






No comments:

Post a Comment

INDIKATOR MUTU PUSKESMAS (INM, IMPP, IMPEL)

  ·          Indikator mutu adalah tolok ukur yang digunakan untuk menilai keberhasilan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kese...